Home > Belajar Photosop, Desain, Graphic, Karikatur > Cara Membuat Karikatur Wajah Digital

Cara Membuat Karikatur Wajah Digital

Tak perlu jago menggambar atau melukis, Anda bisa membuat karikatur tanpa coretan tangan. Dengan olah digital, gambar bisa dibuat dengan mudah dan cepat. Hasilnya, unik dan lucu. Seperti biasa, peranti yang jadi andalan adalah Adobe Photoshop CS3.

Kata “karikatur” berasal dari bahasa latin “caricare” yang artinya “berlebihan”. Tak heran, gambar karikatur biasa dibuat berlebihan – contohnya gambar wajah seseorang dengan telinga, hidung, atau kepala yang kebesaran. Ingin menyulap foto Anda jadi sebuah gambar karikatur? Beginilah caranya.

1. Siapkan dan buka foto di jendela Photoshop CS3. Karikatur yang dibuat di sini akan ditampilkan dengan kepala kebesaran dan badan yang kecil. Anda bisa menggunakan foto setengah badan atau foto seluruh badan.

2. Untuk membesarkan bagian kepala, seleksi bagian kepala saja menggunakan [Lasso Tool] bergambar tali. Klik dan tarik mouse pointer mengelilingi bagian kepala dan badan. Pastikan bagian kepala berada di tengah seleksi.

3. Klik [Filter] > [Distort] > [Spherize...] untuk menampilkan boks dialog Spherize. Filter ini bisa membuat kepala membesar. Klik-tarik slide bar Amount hingga mencapai nilai 100% supaya kepala membesar maksimal. Sesudahnya klik [OK].

4. Kini bagian kepala sudah membesar. Untuk membesarkan bagian wajah lainnya seperti hidung dan telinga, klik [Filter] > [Liquify...]. Pada boks Liquify yang muncul, klik tombol [Forward Warp Tool] bersimbol tangan, atau tekan tombol [W] pada keyboard.

5. Klik-tarik pada bagian wajah yang hendak dimulurkan. Semisal hidung, bisa dibuat jadi lebih mancung dengan menarik ujungnya. Ukuran pointer bisa Anda perbesar, disesuaikan dengan ukuran bagian yang hendak diolah. Untuk melakukannya, Anda bisa mengakses menu slide bar Brush Size di sisi kanan jendela.

6. Lakukan hal yang sama pada bagian wajah lain yang hendak dilebihlebihkan. Jika sudah, klik [OK] untuk menerapkan filter tersebut pada foto.

7. Gambar karikatur biasanya dibuat dengan tangan. Anda pun bisa membuat karikatur digital seolah tercipta dari goresan tangan dan pulasan cat air. Pertama gandakan dulu layer foto Background dengan menekan [Ctrl] + [J] pada keyboard. Jika sudah, pilih layer baru dan klik [Filter] >[Artistic] > [Watercolor...].

8. Atur tiga slider bar yang ada di sisi kanan jendela Watercolor untuk membuat foto seakan terbuat dari pulasan cat air. Jika sudah, klik [OK].

9. Buatlah efek coretan pensil warna. Klik layer Background, lalu klik [Filter] > [Artistic] > [Colored Pencil...]. Tunggu hingga jendela Filter muncul. Kelola ketiga slide bar di sisi kanan. Atur slide bar Paper Brightness ke angka 50. Atur pula dua slide bar lain hingga mencapai tampilan gambar yang pas. Sudahi dengan mengklik [OK].

10. Klik layer hasil duplikasi yang sudah diberi filter cat air. Turunkan nilai opacity dari layer tersebut ke angka sekitar 50 sampai 70 persen. Tujuannya supaya outline dari pensil warna terlihat. Jika sudah, klik [Layer] > [Flatten Image] untuk menggabungkan semua layer. Terakhir simpan atau cetak gambar hasilnya. P
(KOMPAS)

  1. yudy
    1 November 2010 at 12:40 AM

    thx bgt buat caranya…
    pnjelasan yg sangat detail membuat saya jauh lbih gampang untuk melakukan/praktek!

    salam kenal dari yudy

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: